Bosan Dengan Pintu Biasa? Coba Pintu Lipat Yang Anti Mainstream

Desain rumah yang unik tidak harus mengikuti konsep gaya arsitektural tertentu dari atas sampai bawah. Biaya yang dikeluarkan untuk tema tertentu terlalu mahal dan membatasi kreatifitas, terutama bila layout rumah tidak memungkinkan. Dengan membuat salah satu bagian rumah dengan kreasi yang tidak biasa akan menjadi pusat perhatian dari keseluruhan ruangan. Menggunakan pintu lipat yang anti mainstream akan menjadi tambahan keren pada hunian anda.

Cari Tahu Model Pintu Lipat Yang Unik

Pintu adalah bagian pertama yang orang lihat sebelum memasuki rumah. Apakah desainnya yang menarik, bahan yang kuat atau cara buka yang tidak biasa, desain pintu merupakan bagian rumah yang memiliki berbagai bentuk. Desain pintu yang ketika digunakan tidak mengambil banyak ruang dapat menjadi pembatas cantik yang memisahkan satu ruangan dengan ruangan lainnya.

1. Lipatan Harizontal

 

Bila umumnya bukaan pintu adalah kesamping atau vertikal, pintu yang dapat dilipat secara horizontalpasti suatu yang mengejutkan. Bagian garasi paling cocok menggunakan pintu jenis ini, terutama dengan tambahan tombol otomatis yang dapat dibuka secara elektronik dari jarak jauh. Inovasi ini menjadi pilihan yang kokoh dengan pintu yang terbuat dari kayu atau aluminium tebal.

2. Lipat Geser Single

 

Ruangan yang biasa menjadi elemen yang tidak biasa dengan pintu yang dibuka dengan cara dilipat. Dengan ukuran layaknya pintu single geser biasa, membuka dengan melipat sedikit pintu kesamping memberikan sentuhan unik pada ruangan yang sederhana.

3. Pintu Akordian

 

Jika penghuni rumah penggemar gaya minimalis, maka pintu yang juga pembatas ruangan ini adalah desain pintu yang sesuai dengan gaya rumah yang minim perabotan. Bentuk akordian yang melipat pintu dalam lipatan kecil menghenmat tempat dan tampak modern dengan bahan kaca yang tembus pandang dengan rangka kayu yang tradisional.

Baca ini juga: Ukuran Pintu Kaca Frameless di Pasaran Beserta Kegunaannya

4. Curve Fold

 

Ruangan yang meniadakan dinding dan hanya menggunakan pintu adalah pilihan yang anti mainstream. Pintu yang dapat dilipat dengan cara digeser adalah bagian interior yang praktis dan mudah untuk diterapkan. Terutama bila untuk mewujudkannya berarti memilih jenis pintu yang dapat berfungsi sebagai dinding pula. Kombinasi kaca dan kayu panel menjadikan pintu lipat minimalis ini tambahan manis bagi ruangan.

5. Pintu Pivot

 

Bentuk pintu pivot semakin marak digunakan, baik pada perumahan, perkantoran atau bangunan publik lainnya. Dengan sedikit dorongan makan pintu akan terbagi menjadi dua ruang terbuka yang memberikan celah di bagian kanan dan kiri rangka pintu. Sehingga dengan pintu lipat seperti ini, orang dapat masuk dan keluar ruangan dalam waktu yang bersamaan. Desain lipatan seperti ini lebih sesuai untuk bagian dalam rumah karena tidak memiliki handle atau bagian untuk ditambahkan kunci. Namun, bentuk atraktifnya terlalu menarik untuk diabaikan.

6. Bifold Accordian Double

 

Umumnya pintu memiliki satu daun pintu atau dua. Sebagai variasi pintu lipat aluminium dengan kaca berikut memberikan elemen dekoratif dengan cara dibuka kedua arah yang berbeda.Jenis bukaan pintu seperti ini sangat cocok untuk sebagai partisi antara ruang tamu dan keluarga yang dapat dijadikan satu dengan menggeser pintunya.

Demikianlah beberapa ide pintu lipat dengan materi, bahan dan cara buka yang unik dan tidak biasa. Sebelum memutuskan memasang salah pintu jenis ini, pastikan ukuran ruang, daerah pintu dan tentunya anggaranmu sesuai dengan bentuk pintu yang ada dalam bayangan para pemilik rumah.