Ukuran Pintu Kaca Frameless di Pasaran Beserta Kegunaannya

Material interior suatu pembangunan sangat beragam tergantung jenis dan kegunaannya, begitupun dengan material kaca yang saat ini memiliki bentuk dan jenis yang variatif. Penggunaan material kaca semakin meningkat belakangan ini, khususnya digunakan sebagai pintu dan jendela pada rumah-rumah dan bangunan bergaya modern. Pemandangan rumah-rumah modern diperkotaan selalu identik dengan penggunaan pintu kaca dan jendela yang sangat besar, selain menjadi ciri khas rumah modern, penggunaan material kaca pada interior ruangan memiliki manfaat yang banyak. Salah satu diantaranya adalah mampu menciptakan suasana hunian yang segar, terbuka, dan lebih berorientasi pada alam. Harga pintu kaca dibanderol dari harga ratusan hingga jutaan tergantung pada kualitas dan ukurannya. Saat ini jenis kaca yang paling sering digunakan sebagai pintu pada suatu hunian adalah jenis pintu kaca tanpa frame atau biasa disebut frameless.

List Ukuran Pintu Kaca Frameless Beserta Kegunaannya

Pintu kaca frameless atau pintu kaca tanpa frame memiliki ukuran-ukuran standar yang beragam tergantung pada kegunaannya, misalnya ukuran pintu pada kamar mandi tentu akan berbeda dengan ukuran pintu yang digunakan pada bangunan gedung atau perkantoran, dan berikut ini adalah beberapa list ukuran yang sering digunakan beserta haraganya, diantaranya adalah:

1. Ukuran 5 mm

Biasanya digunakan sebagai pintu kaca pembatas dan bukan sebagai pintu utama, misalnya digunakan pada ruangan kantor yang diletakan sebagai pintu pembatas ruangan antar bagian, atau beberapa menggunakannya sebagai pintu loket pembayaran. Jenis ukuran ini biasanya dibanderol sekitar Rp. 600.000 – Rp. 2.000.000 tergantung kualitas dan banyak nya kebutuhan.

2. Ukuran 8 mm

Ukuran pintu kaca ini merupakan jenis ukuran yang paling sering digunakan pada hunian rumah, atau pintu kaca pada fasilitas umum seperti di stasiun dan terminal. Penggunaan pada interior rumah biasanya digunakan sebagai pintu di halaman belakang rumah, kamar, maupun ruang santai. Dengan ukuran ketebalan 8 mm dirasakan memang sudah sangat pas, sesuai dengan budget dan kebutuhan. Biasanya banderol dengan harga sekitar Rp. 750.000 – Rp.3.000.000, tergantung pada banyak nya kebutuhan.

Baca juga: Ingin Aspek Eksterior Rumahmu lebih Menarik Lagi ! Yuk Simak Caranya!

3. Ukuran 10 mm

Harga pintu kaca ini dirasakan lebih mahal dari harga-harga ukuran dibawahnya, biasanya dibanderol dari mulai Rp. 850.000 – Rp. 5.000.000, tergantung pada kualitas dan banyak nya kebutuhan. Meskipun harganya tergolong mahal, namun sering sekali digunakan pada interior rumah-rumah modern sebagai pintu pada ruangan kamar mandi maupun shower. Beberapa orang juga menggunakanya pada rumah minimalis sebagai pintu utama, selain itu ukuran pintu kaca ini juga sering digunakan pada pintu tempat mesin atm, rumah sakit, toko, atau pintu ruangan perkantoraan. Ketebalan dan kualitasnya menjadikan ukuran pintu kaca ini populer meskipun harganya tergolong relatif tinggi.

4. Ukuran 12 mm – 15 mm

Ukuran kaca ini sering digunakan demi menunjang keamanan dan kualitas pada suatu bangunan, misalnya digunakan pada  pintu bangunan bank atau kantor pemerintahan yang memiliki berkas dokumen negara yang sangat penting. Ukuran nya yang besar akan mampu menahan dari benturan serta hal-hal buruk lain yang mungkin terjadi. Selain itu gedung-gedung yang menjulang tinggi juga menggunakan ukuran pintu kaca ini pada pintu utamanya. Biasanya dibanderol dengan harga Rp. 1.000.000 – Rp. 10.000.000, tergantung pada besarnya kebutuhan, semakin besar penggunaan maka harganya pun akan semakin tinggi.